Perkembangan Islam di Indonesia

A. Proses awal perkembangan islam di indonesia

a. Masuknya Islam di indonesia

Awal mula kedatangan agama islam tidak berasal dari arab langsung, tetapi di bawah oleh para pedagang dari Gujarat India sekitar abad ke 7 M dan baru pada abad 13 M berdiri kerajaan-kerajaan islam di indonesia.

b. Proses islamisasi di indonesia

a. Makam islam maulana malik ibrahim berangka tahun 1297 di gresik, jawa timur

b. makam fatimah binti maimun berangka tahun 1082 di lereng gresik terdapat batu tulis yang huruf dan berbahasa arab.

c. berita dari marcopolo seorang pedagang dari venetia yang sempat singgah di perlak (1292 M) utara aceh menerangkan sebagai besar penduduknya memeluk agama islam.

c. Bukti-bukti masuk dan perkembangannya islam di indonesia

cara penyebaran melelui jalur pendidikan, politik, perkawinan, dan dakwah. proses islamisasi sendiri cepat berkembang dan diterimah oleh masyarakat karena:

a. penyebaran agama islam sangat mudah

b. jatuhnya kerajaan besar Hinduh dan budha (majapahit dan sriwijaya)

c. Upacara dalam islam sangat sederhana

d. syarat masuk islam sangat mudah

e. agama islam tidak mengenal kasta

f. penyebaran agama islam dengan cara damai

d. Akulturasi budaya islam dengan bidaya tradisional

Dalam memadukan syiar islam dan budaya setempat peranan para wali songo sempat penting, di antaranya sunan kalijogo yang menggunakan sarana syiar dengan media wayang kulit, wayang golek dan cerita panji yang ternyata sangat banyak penggemarnya. Budaya istana meliputi : tata pemerintahan, bangunan istana, bangunan masjit kraton, kesenian istana. bangunan masjid meliputi, masjid tradisional, masjid makam dan masjid modern, upacara keagamaan, kesusastraan, seni ukir dan taligrafi.

B. keidupan sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada masa perkembangan islam di indonesia.

1. kerajaan samodera pasai

terletak wilayah aceh utara dan merupakan kerajaan islam pertama di indonesia pada abad ke 13. raja yang termashur adalah sultan malik al saleh. kerajaan ini pernah dikunjungi oleh ibnu battuta dari india yang menceritakan tentang keberadaan kerajaan samodera pasai dan sejarah perkembangan.

2. Kerajaan Malaka

kerajaan ini terletak di semenanjung Malaka, pendiri kerjaan ini adalah paramisora dan kerajaan ii runtuh diserang oleh portugis yang dipimpin oleh alfonso de’albuuergue tahun 1511.

3. Kerajaan Mataram Islam

Raden Sutawijaya  merupakan pendiri kerajaan mataram yang kemudian bergelar panembahan Senopati. kerajaan ini mengalami masa kerajaan pada waktu raja  sultan agung berkuasa. ketika VOC Belanda datang dan melakukan devide et impera maka kerajaan ini mengalami kemunduran karena sampur tangan VOC dalam urusan kerajaan.

4.  Kerajaan Baten

kerajaan ini merupakan kerajaan islam yang berkembang pesat di wilayah jawa barat yang mendapatkan pengaruh dari kerajaan Demak. Pendiri kerajaan ini adalah Fatahillah, dan puncak keemasan kerajaan ini pada saat pemerintahan sultan ageng tirtayasa.

5. Kerajaan Demak

merupakan kerajaan islam pertama di pulau jawa, yang didirikan oleh raden patah. perkembangan kerajaan ini tidak bisa lepas dari peranan wali songo yang sangat berperan dalam penyebaran agama islam di jawa.

6. Kerajaan Makasar

terdiri dari dua kerajaan yaitu Gowa dan Taillo. kerajaan makasar yang besar ini berhasil dikalahkan VOC belanda setelah melakukan politik Adu domba dan akhirnya sultan Hasanuddin menandatangani perjanjian Bongaya.

7. Kerajaan Aceh

Raja yang memerintah pertama adalah sultan ali mughayat syah. kerajaan aceh mencapai masa kerajaan pada masa pemerintahan sultan iskandar mudah (1607-1636). seseorang ulama besar aceh yang terkenal adalah Nuruddin ar ranirri yang menulis sejarah aceh.

8. Kerajaan ternate dan Tidore

kedua kerajaan ini pernah diadu domba oleh portugis dan spanyol. sultan ternate yang berani melawan portugis adalah sultan hairun, ketikan sultan hairun terbunuh, maka perlawanan dilanjutkan oleh sultan ba’abullah. sedangkan raja tidore yang gigih melawan VOC Belanda adalah sultan NUKU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s